Pages

Selasa, 09 Agustus 2011

All about... the metric system

Semua tentang ... sistem metrik

Bagaimana kita tahu berapa lama meter itu? Dan siapa yang pertama kali memutuskan bagaimana kita akan mengukur semuanya? Cari tahu di bawah ini.

Pada abad 18, Eropa menggunakan berbagai macam pengukuran yang berbeda. Di Perancis saja, ada ratusan istilah yang berbeda untuk setiap jenis unit. Beberapa terhubung ke tubuh manusia (ibu jari, jari, segenggam, setumpuk, kaki, kecepatan), orang lain untuk transportasi (keledai-beban, beban, tas, barel). Situasi dibuat lebih kompleks oleh kenyataan bahwa kata yang sama selalu mengacu pada kisaran nilai yang berbeda. Kaki A, misalnya, berhubungan dengan 20 atau lebih panjang yang berbeda dalam kerajaan.

Berapa lama meter?

Pada 1790, setahun setelah dimulainya Revolusi Perancis, sebuah proposal diletakkan di depan Majelis bahwa langkah-langkah yang ada itu harus ditinggalkan dan upaya dilakukan untuk menemukan pengukuran yang sama di mana-mana. Majelis kemudian menyusun sebuah dekrit yang ditujukan untuk menentukan meteran standar.

Pada bulan Maret 1791, diputuskan, atas rekomendasi dari Academy of Sciences, bahwa meter harus menjadi salah satu sepuluh juta dari panjang jarak dari khatulistiwa ke kutub utara. Meteran "" istilah pertama kali digunakan pada tahun 1790, tetapi tidak secara resmi diadopsi sampai UU 1 Agustus 1793.

Mengukur meter

Saat itu diperlukan untuk menghasilkan standar prototipe dua (meter dan kilogram) di mana pengukuran akan disalin untuk distribusi di seluruh Perancis. Pada tanggal 22 Juni 1799, dua prototipe disimpan di Archives of Republik, di mana mereka aman besi masih disimpan saat ini.

Lebih dari satu abad dan setengah setelah itu akhirnya didirikan di Perancis, sistem metrik telah menang dan tersebar di seluruh dunia, meskipun kita tidak lagi menggunakan prototipe sebagai standar untuk menilai kami meter tongkat oleh. Para ilmuwan telah datang dengan cara yang jauh lebih akurat mengukur jarak - panjang gelombang dan kecepatan cahaya. Sejak 1983, meter telah internasional didefinisikan sebagai jarak yang ditempuh oleh cahaya dalam ruang hampa selama interval waktu 1 / 299 792 458 detik.
Ketika semua berjalan salah


Meskipun penggunaannya tampaknya menjadi standar, kesalahan masih bisa terjadi:


Pada tahun 1983 sebuah Boeing 767 jet kehabisan bahan bakar di pertengahan penerbangan karena dua kesalahan dalam mencari pasokan bahan bakar pesawat pertama Air Canada untuk menggunakan pengukuran metrik.
Pada tahun 1999 NASA kehilangan $ 125.000.000 pengorbit Mars karena satu tim teknik yang digunakan satuan metrik sementara yang lain digunakan adat AS unit untuk perhitungan.

Sumber: http://www.physics.org/article-questions.asp?id=60 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih